Jumat, 25 November 2011 By: Jauhar IPB

BUSUK BUAH PADA BUAH CABE,AKIBAT PATEK DAN LALAT BUAH

BUSUK BUAH Pada tanaman cabe,memang bisa menjadi kendala utama dalam berbudidaya tanaman ini. Menurut hemat kami dan berdasarkan pengalaman kami dilapangan,masalah ini adalah akibat dari perlakuan kita juga yang telah salah dalam pengelolaan pupuk dan pestisidanya.
A.1.Kami melakukan aplikasi pada tanaman sejak awal tanam.
Sebenarnya penyakit/masalah busuk buah ini sangat bisa dikendalikan apabila penanganannya cermat dan tepat. Salah langkah sedikit saja bisa fatal akibatnya.
A.2.Maaf ,untuk memudahkan pemahaman tentang penyebab dan pengendalian busuk buah ini,kita ibaratkan tanaman cabe ini sebagai tubuh manusia.  Dalam kehidupan sehari hari banyak sekali makanan yang bergizi dan menyehatkan tetapi suatu waktu makanan tersebut terpaksa harus dihindari terlebih dahulu. Misalnya saja kapan kita harusnya menghindari makan telur? Kapan kita menghindari makan daging kambing? Kapan kita harus menghindari makan buah yang agak ada rasa asamnya? Kami yakin,dengan pertanyaan ini anda akan bisa menjawabnya,yakin sekali,karena anda sudah banyak wawasan dan pengetahuan baik itu dari keterangan dokter ataupun dari pengalaman sehari-hari. Nah.. hendaknya dalam pertanian pun kita harusnya mengerti betul apa yang boleh dan mana yang harus dipantrang terlebih dahulu.  Kami yakin apabila anda telah memahami pola makan/pola pupuk pada tanaman ini,maka masalah busuk buah dapat dihindari.

A.3.  Kami dari P.T. Kembang langit,memperkenalkan suatu metode yang sederhana untuk mengendalikan buah busuk ini.  Dasar pemikirannya adalah,seandainya petani kita sudah paham betul pola pupuk/makanan yang boleh dan mana yang tidak boleh diberikan ,untuk sementara waktu,kami yakin betul kendala busuk buah ini dapat diatasi.

A.4. Kondisi Tanaman agak teganggu,terkena keriting daun.  Masalah ini,harus diwaspadai betul,sebab apabila salah dalam pemberian makanan akibatnya bisa fatal.  Ternyata kawan... dalam tanaman pun antara satu jenis penyakit ada kaitannya dengan penyakit lain,atau dengan kata lain apabila salah dalam pemberian pola makan,bisa saja yang tadinya penyakitnya satu macam bisa malah bertambah menjadi dua atau tiga macam penyakit/komplikasi penyakit.
Contoh,seseorang yang terkena gejala maag,apabila tidak tepat cara pola makannya bisa mengibatkan pada penyakit Hepatitis/penyakit kuning, bahkan lebih jauhnya bisa terkena stroke. Hal ini juga bisa mengenai tanaman cabe anda...apabila salah dalam pemberian pupuk dan pestisida nya...
A.5.Gejala diatas jelas tanaman agak terganggu,terkena serangan trips dan tungau/keriting daun.  Pertama-tama yang kami lakukan adalah jangan panik,apalagi putus asa,terutama karena tanaman masih muda/ berumur dua bulanan,yang berikutnya adalah mempola pemberian makanan yang sehat dan tidak terlalu banyak makan-makanan yang mengandung zat kimia.


A.6.Tampak tanaman diatas menunjukkan perubahan yang signifikan,setelah kondisi awal A.4. telah terkena masalah keriting daun.  Dalam hal ini yang kami lakukan adalah pemberian makanan  dan obat yang bersifat alami.  Kami menyadari betul,pemberian makanan dan pupuk kimia yang tidak pas justru menyebabkan penyakit semakin parah,bahkan terkadang "obat kampung/obat tradisional",justru mujarab untuk mengatasi masalah penyakit tertentu. 
A.7. Pada gambar diatas,Tanaman cabe betul-betul pulih dari serangan hama keriting daun.  Hubungan antara hama trips dan tungau , penyebab keriting daun dengan cabe patek,telah kami kemukakan pada blog kami yang lalu.  Pada kesempatan ini kami akan menguraikan perihal BUSUK BUAH,baik yang diakibatkan oleh cendawan Colletotricum sp,maupun busuk daun yang diakibatkan oleh lalat buah.
A.8.Satu rintangan telah kami lewati,yaitu keriting daun.  Kondisi ini tidak mudah kawan...,ejekan dan sinisme kami terima karena kondisi tanaman yang awalnya kurang memuaskan pertumbuhannya.  Tetapi dengan ketekunan dan berprinsip pada wawasan  yang telah kami miliki,akhirnya keriting daun pulih juga.
A.9.Pemberian coran dengan pupuk alami yang sudah matang (menggunakan PROTEK-tan dan PUPUK CAS) dan dengan penyemprotan insektisida alami PROTEK-tan,sebagai pengendali hama trips dan tungau,ternyata efektif untuk mengembalikan kondisi tanaman yang sempat sakit.
A.10.Bulan November seperti saat ini,sangat tinggi curah hujannya,hal ini harus diwaspadai betul.  Curah hujan yang tinggi,harus hati-hati dengan pemberian pupuk yang rasanya dingin dan mengandung GAS (NPK,KNO,ZA,UREA,PHONSKA,dan pupuk yang mengandung NITROGEN lainnya).  Istilahnya sedang dingin koq,minumnya yang dingin-dingin lagi...bisa sakit dong...
A.11.Hubungannya dengan bahsan kita,yaitu perihal BUSUK BUAH,yaitu CURAH HUJAN YANG TINGGI DAN PEMBERIAN PUPUK NITROGEN,jelas keduanya mengakibatkan BUAH CABE MENJADI TIPIS KULIT BUAHNYA,KADAR AIR MAKIN TINGGI dan KEPADATAN BUAH KURANG.  Sedangkan kondisi tersebut diatas mengakibatkan buah menjadi rentan terhadap serangan HAMA LALAT BUAH (pembahasan lebih lengkapnya ada pada pengendalian hama secara organik,kembang langit) DAN CABE PATEK,BUAH MENJADI BUSUK.
Upaya untuk menebalkan kulit buah,mengurangi kadar air pada buah cabe dan mengkondisikan agar buah padat berisi kami lakukan ,dengan cara menyemprotkan POCAniL  dan dari bawah kami CORkan dengan pupuk selain yang mengandung NITROGEN.  Istilah kami dengan mengecor dengan  YANG HANGAT- HANGAT yaitu dengan pemberian "KOPI SUSU",bukan dengan "ES SIROP ." Apa itu Rumus"KOPI SUSU"?...O.k. Dosis dan rumus ini,sangat SITUASIONAL,artinya sangat tergantung dengan usia tanaman dan kondisi tanaman terakhir pada saat akan diaplikasikan,kami tidak memberikan SOP (Standart Operational Prosedure) nya karena bila terlalu banyak tanaman bisa agak "ngerem" pertumbuhannya,tetapi apabila kurang dosis nya,PATEK dan LALAT BUAH juga tetap terjadi.  Bagi anda yang mempunyai permasalahan tentang hal ini bisa kontak pada kami atau cabang- cabang klinik kami di daerah.  Semoga bermanfaat.


 PT. KEMBANG LANGIT

(JL. RAYA TUTUGAN ,HARUMAN,KEC LELES,KAB.GARUT,JAWA BARAT)

  Bagi anda yang berminat menjadi  
CABANG  KLINIK PERTANIAN ORGANIK ,diseluruh Indonesia
Silahkan menghubungi  Kami di 0262 245 8068 atau
ke Bpk. RUSLI  GUNAWAN no telp 0813 2321 8330-0877 2452 8795
untuk  tehnis bisa kontak ke Ir. Jauharman 0812 2293 2134-0877 2472 2904

CABANG KLINIK PERTANIAN ORGANIK kami di Daerah

Singaparna , Tasikmalaya Jawa Barat:  Bp. Ajengan Karom  0853 2335 5166
Aceh : Bp. Syafii  0852  6213 3073
Payakumbuh,Sumatera Barat : Sdr. Tommy H.  0852 6364 0072
Batam : Ir. Misbah K. Marbun 0778-7201-705 atau ke 0821 7120 3073
Bolaang Mongondow,Sulawesi Utara : Bp.Bripka  Harry C.  0852 4036 0626
Samarinda,Kalimantan Timur :  Bp.M.A. Darajat S.T.  0813 2387  7197  dan
Bp. S.W. Purnama S.E.  0813  2021 4488

0 komentar:

Posting Komentar